kahijisport

360 Pegulat Akan Berebut Kuota di BK Porprov XIV

BANDUNG- Pengprov Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Jawa Barat akan menggelar babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV/2022 pada 13-16 Juni 2021 mendatang di GOR Gulat Jabar, Jl. Pajajaran dengan memperebutkan kuota sebanyak tujuh daerah.

Pelaksanaan BK untuk cabor gulat sendiri diambil alih oleh Pengprov PGSI Jabar  untuk menghindari adanya intervensi dari salah satu daerah yang menjadi tuan rumah BK.

“Babak kualifikasi gulat di Kota Bandung bukan berarti tuan rumahnya Kota Bandung, tapi digelar oleh Pengprov PGSI Jabar dan tidak mewakili kota atau kabupaten,” ungkap Sekertaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PGSI  Jabar,  Antonius Kelikawe di GOR Gulat, Jl. Pajajaran, Rabu (09/06/2021).

Sementara itu, Ketua Pelaksana BK Gulat, Bambang Erawan menuturkan, BK Gulat akan dilaksanakan pada tanggal 13-16 Juni 2021 di GOR Gulat Jabar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di mana para atlet dan pelatih sebelumnya harus melaksanakan swab antigen terlebih dahulu.

“Tanggal 12 Juni ini pengundian yang diambil langsung oleh manager masing-masing daerah. Kemudian tanggal 13 Juni keesokan harinya dilakukan swab dan tes kesehatan terlebih dahulu sebelum penimbangan. Kalau ternyata ada atlet yang reaktif langsung out tidak bisa ikut BK,” katanya.

Bambang mengatakan pada BK tersebut akan diikuti sekitar 360-an atlet dengan mepertandingkan sebanyak 30 nomor pertandingan yaitu 10 nomor untuk grego putra, 10 nomor gaya bebas putra dan 10 nomor gaya bebas putri. Sementara kuota yang diperebutkan 8 daerah bersama tuan rumah. Pihaknya membatasi usia peserta BK yaitu 18-25 tahun.

“Apabila atlet yang diikutsertakan usianya 17 tahun, maka boleh ikut bertanding dengan syarat ada keterangan dari dokter dan izin dari orang tua. dan apabila umurnya 25 maka itu dianggap hanya untuk mengamankan nomor saja tidak bisa main di Porprov. Kuota yang diperebutkan di BK ini 8 slot termasuk tuan rumah,” jelassnya. (p93)

Kolom Komentar Facebook
To Top