kahijisport

Sebelum Unjuk Gigi di PON Papua, Tim Pelatda Silat Jabar Akan Jajal Thailand

BANDUNG- Tim Pencak Silat Jawa Barat yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua, berharap bisa melakukan try out ke Yala, Thailand Selatan untuk mempertajam kemampuan mereka.
Thailand dinilai menjadi negara tujuan yang tepat bagi para pendekar Jabar untuk mematangkan persiapan menuju perhelatan multi event tingkat Nasional tersebut. Kepala Pelatih Silat Jabar, Ferry Hendarsin mengaku, program try in dan try out menjelang PON sangat terganggu dengan adanya pandemi Covid-19.
“Ya rencana try in dan try out sangat terganggu karena pandemic covid-19 ini. Untuk try out sendiri saya kira jika melihat aspek kualitas atlet, fasilitas, saran dan prasarana, Yala, Thailand Selatan negara yang tepat. Perkembangan pencak silat di sana juga sangat pesat. Kualitas atlet di sana bisa diperhitungkan,” tegasnya di Gedung KONI Jabar, Jl. Pajajaran No. 37A Bandung, Rabu (15/02/2021).
Try out ke Thailand Selatan itu menurut Ferry direncakan pada bulan Juli 2021 mendatang. Ferry berharap, untuk memaksimalkan persiapan menuju PON XX/2021 program try out tersebut bisa terlaksana.
“Kalau untuk try in alhamdulillah yah sudah pernah terlaksana satu kali dengan tim silat dari Sumatera Barat. Insya Allah Maret 2021 mendatang tim ini bisa try in dengan tim Pelatnas SEA Games di Bandung. Tentunya dengan memperhatikan prosedur Kesehatan. Untuk try out ke Thailand juga mudah-mudahan bisa terlaksana,” jelasnya.
Dengan begitu, menurut Ferry, memasuki Agustus 2021 sampai dengan September 2021 para atlet bisa melakukan aklimatisasi di Karawang. Persipaan tim Pelatda Pencak Silat Jabar sendiri saat ini sudah masuk siklus kedua, dan baru berjalan sekitar 7 pekan di tahun 2021.
Dari 20 pesilat yang masuk tim Pelatda, tiga diantaranya berlatih di Pelatnas Indonesia. Pada PON mendatang, tim Jabar hanya mengikuti 17 nomor pertandingan saja. “Tim sudah 100%, tidak ada lagi seleksi. Komposisi atlet senior dan pendatang baru seimbang. Karena orientasinya bukan hanya 2021 tapi juga 2024 nanti,” kata Ferry.
Tim Pencak Silat Jawa Barat menargetkan minimal lima medali emas. Yaitu tiga emas dari tanding dan dua emas daseni gerak. Sementara rival terberat Jabar masih sekitaran Jawa dan Bali.
“Rival terberat masih seperti PON sebelumnya yaitu daerah Jawa-Bali. Untuk tuan rumah sih kalua melihat materinya insya Allah masih bis akita atasi. Kita juga akan upayakan dari atlet pendatang baru kita siapkan menjadi kuda hitam. Satu dari tanding satu lagi dari seni,” pungkasnya. *** (P93)

Kolom Komentar Facebook
To Top