kahijisport

Forki Jabar Beri Kepercayaan Kepada Pendatang Baru di PON Papua

BANDUNG– Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Jawa Barat berharap atlet-atlet karate pendatang baru yang tergabung dalam tim Pelatda Jabar bisa menunjukkan taringnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua.

Kabid Binpres Forki Jabar, Arif Hardiana menegaskan, tim Pelatda karate Jabar yang tengah disiapkan untuk tampil pada multievent Nasional nanti dihuni mayoritas atlet-atlet yang sebelumnya juga ikut andil pada PON XIX/2016 di Jabar. Namun disamping itu, atlet-atlet pendatang baru pun diharapan mampu memberikan sumbangsih bagi Jabar.

“Total atlet yang saat ini masuk tim Pelatda berjumlah 14 atlet, dan 60% masih diperkuat atlet yang turun di PON sebelumnya. Sisanya atlet-atlet baru yang mampu berkompetisi,” tegas Arif di Gedung KONI Jabar, Jl. Pajajaran Bandung, Rabu (03/02/2021).

Ia pun tak menampik jika karateka-karateka pendatang baru tersebut diberikan kepercayaan untuk bisa mendulang medali di PON Papua nanti. Pasalnya menurut Arif, saat ini adalah masa keemasan para karateka tersebut.

“Sebut saja Tegar Januar, Sharon, Dinda dan beberapa atlet baru lainnya. Saat babak kualifikasi kemarin pun kita sedikit banyak kita diuntungkan dengan keberadaan mereka yang mampu bersaing, mampu berkompetisi di tingkat Nasional. Jujur kita bertumpu pada atlet baru yang potensial ini,”ungkapnya.

Dari 17 nomor yang akan dipertandingakan pada PON XX/2021 mendatang, Forki Jabar menargetkan minimal empat medali emas dan mampu mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada PON sebelumnya.

“Saat BK kita ada diperingkat kedua di bawah bayang-bayang kompetitor kita DKI Jakarta. Dari sini kami bisa melihat peta persaingan nanti. Dari KONI Jabar sendiri menargetkan empat medali emas tapi kami berupaya bisa lebih dari itu,” kata Arif menegaskan.

Arif mengaku jika DKI Jakarta dan tuan rumah menjadi pesaing terkuat nanti. Meski begitu, Forki Jabar sudah menyiapkan amunisi untuk bisa mengungguli para pesaingnya tersebut.

“Yang harus diwaspadai di PON nanti itu DKI dan tuan rumah karena tuan rumah tidak BK. Kita berharap kita tidak bersinggungan dengan tuan rumah. Tapi sedikit banyak kami sudah menginventarisir kekuatan dari tuan rumah. Kami juga sudah melakukan komunikasi dengan manageman Pelatda Papua,”ujarnya.

Peluang besar pundi-pundi emas Jabar di PON XX/2021 dari Sandi Firmansyah kelas -75 kg putra, Tegar Januar kelas -55 kg putra, Sharon Verina kelas -50 kg putri, Mario Setiamu +84 kg putra dan bergu putra.

“Kuda hitam berharap pendatang baru muncul salah satunya Dinda, Nadar Faisal juga punya potensi. Karena head to head dengan penghuni Pelatnas sekarang dia tidak jauh beda. Dan banyak kejutan lain yang diharapkan bisa muncul,” trangnya.

Ia berharap Forki Jabar bisa memberikan sumbangsih yang terbaik untuk Jabar karena selama ini baik Pemprov dan KONI Jabar sudah memberikan yang terbaik untuk karate Jabar.

“Saya berharap cita-cita untuk mempertahankan juara umum di PON bisa menjadi sumbangsih kami FORKI Jabar bagi Pemprov dan KONI Jabar di tengah kondisi seperti sekarang. Yang tak kalah penting, kami berharap dengna olahraga bisa membangkitkan semangat dari cobaan yang kita alami saat ini,”pungkasnya. *** (P93)

Kolom Komentar Facebook
To Top