kahijinews

Lurah Sadang Serang Lakukan Peninjauan Monitoring Program Buruan SAE dan Kang Pisman di Wilayah RW.07

Foto : Alpard

BandungKahijinews – Kelurahan Sadang Serang melakukan peninjauan monitoring program Buruan SAE dan program Kang Pisman di wilayah lingkungan RW.07, untuk mengetahui sejauh mana program ini berjalan secara bekesinambungan, Kamis (31/12/2020) di jalan Tikukur Bandung.

Dalam kegiatan ini Lurah Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Hasan Arifin mengatakan bahwa program ini di buat sekitar tujuh bulan yang lalu dimasa pandemic untuk bisa berkarya kemudian pada hari ini diadakan peninjauan atau monitoring supaya program ini di buat tidak “Tuk Cing” dibentuk cicing (dibentuk tidak bergerak), kata Hasan.

“Tadi kita bisa lihat hasil karyanya ada panen jagung manis, labu besar,  ada hasil olahan kue dan pudding rasa pak coy dari hasil tanam sayuranya, kemudian ada ternak ayam yang dilihat pertumbuhanya sangat sehat sekali dan dikasih pakan maggot berasal dari pakan organik yang dihimpun dari sampah-sampah rumah tangga, Alhamdulillah sampai sejauh ini ternyata ibu-ibu dan bapak-bapak warga RW.07 Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong antusias dan semangat, itu yang saya sangat apresiasi”, kata Hasan.

 

Tempat ini sangatlah ideal sekali untuk menjalankan program Buruan SAE dan program Kang Pisman karena terlihat ada sinergi dalam pengelolaan sampah dengan menanam di buruan SAE dan saya akan terus berusaha untuk meningkatkan kearah yang lebih baik lagi untuk tempatnya, ujar Hasan.

Hasan berharap di tahun 2021, saya akan lebih mengembangkan lagi program ini yang sekarang hanya punya tujuh RW akan ditingkatkan menjadi dua puluh satu RW di Sadang Serang, yang mana di tujuh RW ini adalah cikal bakal atau contoh yang sangat baik untuk Pilot Project.

 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Kelompok Tani Sabilulungan 07 untuk program Buruan SAE, Ir. Mia Melia Muliawati menjelaskan bahwa acara peninjauan monitoring yang dilakukan oleh Lurah Sadang serang ini selain untuk melihat langsung hasil dari kegiatan program Buruan SAE dan program Kang Pisman sekaligus untuk menambah momotivasi para anngotanya untuk lebih semangat lagi dalam menjalankan program pemerintah ini.

Mia mengatakan, sekitar bulan april yang lalu diawali dari kegiatan warga yang hanya memanfaatkan lahan kosong kemudian beberapa bulan kedepan terbentuklah kerjasama kolaborasi dengan Kelurahan Sadang serang untuk mendukung program pemerintah ini, seperti diadakanya program pelatihan di bulan September dan dibentuklah Kelompok Tani Buruan SAE Sabilulungan 07 secara resmi oleh Kelurahan.

“Alhamdulillah kami sudah sebelas kali panen dan bibitnya didatangkan dari Kelurahan dan Dispangtan, program ini berjalan dengan lancar karena program yang di gulirkan dari Kelurahan Sadang Serang ini sebelumnya memang sudah berjalan selain berkebun kami sudah melakukan pemilahan sampah organik dan non organik di tempat ini jadi tinggal diterapkan saja” kata Mia.

Mia berharap, khususnya kepada anggota umumnya kepada warga RW.07 untuk terus semangat dan mendukung program ini, jangan jadikan kewajiban tapi jadikan kebutuhan untuk kegiatan ini, karena hasilnya akan sangat bermanfaat dan dapat dirasakan bagi kita serta masyarakat sekitar RW.07, pungkasnya.

 

(AP).

 

 

 

 

 

Kolom Komentar Facebook
To Top