kahijinews

Corona Farm Sadangserang Bermanfaat untuk Ekologi, Ekonomi dan Edukasi

Foto : Alpard

BandungKahijinews – Dalam rangka mendukung program pemerintah Kota Bandung warga masyarakat di Kelurahan Sadangserang sedang melaksanakan kegiatan Urban Farming pagi tadi, Senin (22/6/2020) berlokasi di Corona Farm Jalan Tikukur No.19 Rt.01 Rw.07 Sadangserang Bandung.

Ketua Rt.01 Rw.07 Sadangserang sekaligus pengelola Corona Farm Asep Taryaman menjelaskan bahwa awalnya tempat ini adalah tempat untuk dijadikan Program pemilahan sampah (Kangpisman) menjadi komposting yang pembekalanya dari YPBB Bandung, kemudian berkolaborasi dengan PKK untuk ditanami tanaman obat keluarga (toga), setelah program itu berjalan selama enam bulan selanjutnya bergabunglah dari pihak Kelurahan Sadangserang untuk berpartisipasi mengelola dan melaksanakan program Urban Farming dilokasi ini, kegiatan pengerjaanya baru bisa dilaksanakan pada hari ini.

Menurut Asep, Program ini merupakan momentum yang tepat di tengah masa pandemi karena memiliki tiga manfaat yakni ekologi, ekonomi dan edukasi.

“Waktu di awal masa pandemi Covid-19 waktu luang saya menjadi banyak dan di habiskan untuk menggarap lahan ini, makanya lokasi ini saya beri nama Corona Farm” kata Asep.

Asep berharap kedepanya baik pengurus RW setempat atau pun dari warga masyarakatnya bisa berpartisipasi untuk memenfaatkan lahan ini, dengan luas lahan  kurang lebih 300 meter persegi agar dapat dimanfaatkan sebagai lahan tanaman produktif atau sebagai lahan pertanian, peternakan, bahkan mungkin juga perikanan.

Kepala Seksi Ekonomi dan pembangunan (Ekbang) Kelurahan Sadangserang, Neng Asmarani Syahbana menerangkan bahwa kegiatan program ini sudah berjalan dua tahun bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) berkaitan dengan program kelompok berkebun (Pokbun), tahun 2019 kemarin sudah melaksanakan pelatihan yang didampingi oleh penyuluh dari Dispangtan khusus untuk Kelurahan Sadang serang Kecamatan Coblong.

Program ini alhamdulillah masih berjalan khususnya ibu-ibu yang menjalankan program ini masih pada semangat untuk melaksanakanya, kemudian ada beberapa lokasi kelompok berkebun yang sebelumnya sudah berjalan yang berlokasi di RW.09 dan RW.03 Sadangserang, hasil tanam sayuranya sudah bisa diikut sertakan kedalam kegiatan pameran sayuran yang dinamakan Bandung Agri Market (BAM), kata Asmarani.

Asmarani menambahkan kegiatan Urban Farming ini salah satu ruang lingkup pekerjaanya untuk pelestarian lingkungan hidup yang pengerjaanya melibatkan masyarakat dan pokja tiga PKK Kelurahan Sadangserang, dengan menanam tanaman produktif seperti sayuran dan buah-buahan yang sisa hasil panenya dapat dijual bermanfaat untuk ekonomi dan edukasi warga sekitar, atau bahkan kedepanya dapat bermanfaat juga untuk ketahanan pangan selama masa pandemi atau berakhirnya masa pandemi.

“Saya mengajak kepada warga Sadangserang untuk ikut serta dalam program Wali Kota Bandung mengonversikan sekecil apapun lahan di rumah menjadi perkebunan seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Sadangserang dengan lahan minimal 2×4 meter sudah bisa dibuat kebun bibit ada demonstrasi plot (demplot) juga, kemudian ada budi daya ikan dalam ember (budikdamber)”, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Penyuluh Pertanian Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Asep Tristian menjelaskan pada hari ini adalah kegiatan Sadangserang berkebun dimulai dengan pengerjaan Demonstrasi Plot (Demplot) untuk ditanami sayuran supaya ibu-ibu yang ikut dalam program ini bisa dapat memahami dan belajar menanam sayuran di demplot itu sendiri.

“Sarana dan prasarana untuk kegiatan bertani atau bercocok tanam di lahan pekarangan halaman rumah untuk masayarakat perkotaan tidak membutuhkan lahan yang luas dengan lahan satu meter persegi pun sudah bisa ditanami sayuran, baik sosin, pak choy, sayuran buah seperti cengek, bawang daun, seledri itu kan sangat bermanfaat dan menghemat pengeluaran sehari-hari ketika harus berbelanja ke pasar untuk membeli keperluan tersebut”, Kata Asep.

Asep berharap mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan bisa diikuti Khususnya oleh masyarakat di Sadangserang umumnya untuk masayrakat Kota Bandung.

(AP).

 

 

 

Kolom Komentar Facebook
To Top