kahijinews

Kemenkeu Mengajar Akan Diadakan di Luar Negeri Untuk Pertama Kali

Foto : Twitter

Bandung, kahijinews.com – Kementrian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan program Kemenkeu Mengajar yang ke-4 kalinya. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Oeang ke-73. Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkeu baik pusat dan daerah secara serentak mengajar satu hari di Sekolah Dasar (SD). Kegiatan mengajar ini dilakukan secara sukarela.

Di tahun kedua mengajar di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat, Menteri Keuangan (Menkeu),Wakil Menteri Keuangan, beberapa para Pejabat Eselon I Kemenkeu, dan juga perwakilan Special Mission Vechile (PT SMI dan PT PII) ikut serta turun lansung.

“Hari ini kita melakukan kegiatan kemenkeu mengajar yang tahun keempat ini dilakukan oleh seluruh jajaran kementerian keuangan di seluruh Indonesia. Kita melakukannya di seluruh wilayah Indonesia dari  instansi vertikal, baik Bea Cukai, Perbendaharaan, Pajak dan juga dari Kekayaan negara”, jelas Menkeu.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengenalkan peran Kemenkeu dalam upaya menjaga ekonomi negari dan juga mengenalkan profesi yang ada di Kementrian Keuangan sedini mungkin. ASN Kemenkeu juga diharapkan dapat mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang dibawa Kemenkeu dan nilai keberagaman dalam persatuan.

Adapun tujuan lain yaitu untuk mengenalkan kepada anak-anak di sekolah dasar untuk mengenal fungsi keuangan negara dan memperkenalkan cara Kemenkeu mengurus keuangan negara. Kegiatan ini dilakukan dengan metode menyenangkan, ringan, dan mudah dimengerti oleh anak-anak SD.

Kemenkeu menggunakan simulasi bermain peran agar memudahkan materi tersampaikan. Dengan itu anak-anak SD akan memahami ternyata untuk mengurus republik Indonesia harus sama-sama karena negara ini negara kita sendiri dan bangsa kita sendiri. Oleh sebab itu harus dimulai dari memiliki rasa mencintai, membesarkan, dan membangun negara ini.

Di tahun ini, Kemenkeu Mengajar akan menerima rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Program Kerelawanan-ASN Pertama di Bidang Pengembangan Karakter untuk siswa SD. Kemenkeu Mengajar 4 diikuti oleh 3.7000 ASN Kemenkeu di seluruh Indonesia, terdiri dari 61 kota, 29 provinsi, serta 159 SD. Kegiatan ini bahkan hingga menyentuh lebih dari 47.794 murid SD untuk mengikuti kegiatan ini.

Dan yang menarik dari kegiatan ini adalah, kegiatan ini tidak menggunakan dana APBN namun berasal dari sumbangan relawan ASN di Kemenkeu.

Untuk pertama kalinya juga, Kemenkeu Mengajar akan dilaksakan di luar negeri yaitu di Malaysia. Yang bekerja sama dengan Konsulat Republik Indonesia di Tawau, Sabah. Ada 18 relawan ASN Kemenkeu yang akan mengajar du empat pusat kegiatan belajar masyarakat atau yang disebut Community Learning Centre (CLC) di Tawau. CLC sendiri merupakan sekolah bagi anak-anak Tenaga Kerja Indonesia yang tinggal di wilayah Sabah,Malaysia Timur.

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top