kahijinews

BUMDes Diharapkan Dapat Membangun Atasi Masalah Ekonomi Jawa Barat

Foto : Aurelia Debby

Bandung, kahijinews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan program terobosan yaitu ‘Desa Juara melalui One Village One Company (OVOC)’. Yaitu program implementasi dari peraturan-peraturan mengenai BUMDes, yang dimana provinsi Jawa Barat diharapkan dapat mengurangi ketimpangan ekonomi desa dan kota. Acara ini dibuka oleh Ketua Umum Kadin Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana.

Dalam rangka untuk mendorong hal tersebut, pada tanggal 2 November hingga 3 November digelar acara ‘Temu Bisnis BUMDes 2019’. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para mitra BUMDes (Perusahaan dan Lembaga) dengan para BUMDes agar menjadi sinergi dan kolaborasi yang bisa saling menguntungkan.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antar Kadin Jawa Barat dan DPMD Provinsi Jawa Barat yang diketuai oleh Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kadin Jabar H. Haerul Tamam.

Tamam mengatakan, melalui kegiatan ini, BUMDes yang hadir dapat memperoleh kesempatan, pilihan, dan juga peluang usaha yang dapat dijalankan oleh BUMDes. Calon mitra BUMDes juga mendapat kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan mitra baru.

Acara ini juga menghadirkan BUMDes sebanyak 4.500 yang berasal dari seluruh pelosok Provinsi Jawa Barat. Dan kegiatan ini juga menghasilkan kurang lebih 575 komitmen kerjasama. Komitmen kerjasama ini merupakan langkah awal antar BUMDes dan Mitra BUMDes untuk bekerjasama.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan investarisasi dan kurasi produk unggulan dari seluruh Jawa Barat, khususnya untuk yang dihasilkan oleh BUMDes di Jawa Barat.

Tatan mengatakan, Kadin Jawa Barat akan membantu memberikan bantuan mulai dari pencarian dan juga pengolahan bahan baku, cara mengelola perusahaan, bahkan hingga pemasaran produk.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil mengatakan menginginkan semakin bertambah perusahaan yang dibangun mulai dari pedesaan melalui BUMDes sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Sehingga diharapkan penduduk desa tidak perlu mencari pekerjaan ke kota.

“Cukup tinggal di desa maka mereka sudah bisa mendapatkan penghasilan. Biar tinggal di desa tapi rejekinya kota,” ucap Kang Emil.

Kang Emil juga berharap acara ini dapat menghasilkan lebih banyak BUMDes yang berkembang dan dapat menunjang serta mewujudkan cita-cita bersama yaitu ‘Jabar Juara Lahir dan Batin’.

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top