artikel

Yayasan Pemuda Peduli, Sarana Kepedulian Anak Muda Terhadap Masyarakat

Foto : Dok. Yayasan Pemuda Peduli

Kahijinews.com – Banyaknya Organisasi Non Pemerintah (ONP) yang berasal dari Indonesia dibentuk secara perorangan atau beberapa dari kumpulan orang yang bertujuan  memberi pelayanan kepada masyarakat secara sukarela.

Pelayanan tersebut diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat yang membutuhkannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Yayasan Pemuda Peduli yang berfokus pada pelayanan pendidikan, pembangunan infrastruktur, serta peduli terhadap kemajuan masyarakat untuk berperan aktif  dalam pembangunan dan pengembangan.

Yayasan yang berlokasi di Jl. Sukawarna No. 12, Husein Sastranegara, Bandung, didirikan sejak tahun 2016 oleh sekumpulan anak muda yang ingin berkontribusi dengan menyalurkan rasa peduli mereka untuk masyarakat.

Direktur Penelitian dan Pengembangan Yayasan Pemuda Peduli Issara Rizkya mengungkapkan jika  Pemuda Peduli awalnya hanya berfokus pada perbaikan fasilitas yang kurang layak, namun dirinya melihat adanya  peluang masyarakat terutama anak-anak setempat yang membutuhkan pendidikan yang layak, hingga akhirnya Pemuda Peduli membuka program pendidikan setiap minggunya.

Direktur Penelitian dan Pengembangan Yayasan Pemuda Peduli, Issara Rizkya (tengah). (Foto : Dok. Yayasan Pemuda Peduli).

Issara mengatakan jika Pemuda Peduli memiliki beberapa program unggulan yang rutin dilaksanakan seperti Bina Desa, Social Travelling, dan Social Navigation. Bina Desa merupakan program pertama Pemuda Peduli yang berfokus pada pengajaran akademik dan non akademik kepada warga desa setempat. Social Travelling difokuskan untuk mengajak anak muda yang menyukai jalan-jalan layaknya traveller sambil mengajar di sekolah-sekolah setempat, sedangkan Social Navigation merupakan program pengiriman pengajar menuju daerah-daerah yang sudah ditentukan.

Yayasan Pemuda Peduli saat melakukan kegiatan program Bina Desa di Desa Ciberes, Kabupaten Subang, Jawa Barat. (Foto : Dok. Yayasan Pemuda Peduli).

Selain itu, Pemuda Peduli memiliki program lainnya seperti Gain Your Potential Supercamp (GYPS) yang dilaksanakan selama bulan puasa untuk siswa SMA, Week of Volunteer untuk kegiatan magang mahasiswa, dan Youth Scolarship untuk program beasiswa lulusan SMA.

Mengenai rencana ke depannya, Pemuda Peduli akan menggarap program Pelajar Peduli yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia kerelawanan ke tiap sekolah supaya bisa diaplikasikan juga oleh semua siswa di tiap sekolah.

Instagram : @pemudapeduli.id

(Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top