kahijinews

Topan Hagibis Tidak Mempengaruhi Cuaca Indonesia

Foto : Kyodo/REUTERS

Bandung, Kahijinews.com – Topan Hagibis kini mulai bergerak meninggalkan daratan Jepang. Pernyataan ini  langsung disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sesuai hasil analisis dari Japan Meteorological Agency (JMA) pada Minggu (13/10).

Deputi Bidang Meteorologi Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan jika Topan Hagibis yang sudah mulai bergerak meninggalkan daratan Jepang tidak akan mempengaruhi cuaca di Indonesia.

“Dalam 24 jam ke depan JMA memprakirakan topan Hagibis akan menurun intensitasnya. Posisi topan Hagibis pada pagi ini makin jauh dari wilayah Indonesia tidak memberikan dampak terhadap kondisi cuaca dan gelombang laut Indonesia,” ucap Mulyono dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari CNN Indonesia.

BMKG sebelumnya sempat menyatakan Topan Hagibis akan berpengaruh pada cuaca di Indonesia hingga memicu gelombang dengan ketinggian 1,25 hingga 4 meter di sejumlah wilayah.

Mulyono menjelaskan potensi hujan dengan itensitas sedang-deras di sejumlah wilayah Indonesia bagian utara akan lebih dipengaruhi adanya tekanan udara rendah di wilayah Indonesia bagian utara yang membentuk daerah pertemuan angin yang memanjang dari Semenanjung Malaysia hingga Laut Sulawesi.

Topan Hagibis menerjang Jepang pada Sabtu (12/10) membawa curah hujan tinggi ke sejumlah wilayah, termasuk Tokyo. Hingga Minggu (13/10) berdasarkan laporan dan hasil evakuasi, korban tewas berjumlah 18 orang akibat tanah longsor dan banjir.

(Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top