kahijinews

Penyebab Pepsi Berhenti Produksi di Indonesia

Foto : Instagram/@pepsi

Bandung, Kahijinews.com –  PepsiCo Inc (PepsiCo) resmi memutuskan hubungan kerjasama dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM). Hal ini menyebabkan Pepsi Cola tidak akan produksi lagi di Indonesia mulai 10 Oktober 2019.

Pepsi menjadi salah satu produk minuman yang diminati konsumen Indonesia. Pepsi  melakukan kerjasama dengan restoran makanan cepat saji, seperti KFC. Apa yang menjadi penyebab putusnya hubungan kerjasama antara PepsiCo dengan PT AIBM?

“Pepsi keluar dari Indonesia lebih terkait kerjasama dengan mitra Pepsi berupa pemutusan kontrak bisnis. Jadi dipastikan keluarnya Pepsi Cola bukan karena iklim bisnis di dalam negeri yang tidak kondusif,” ujar Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Abdul Rochim kepada detikcom melalui pesan singkat, Kamis (3/10/2019), dikutip dari detikFinance.

Abdul menjelaskan kontribusi pepsi untuk jenis minuman Non Alkoholic Ready To Drink (NARTD) tidak sebesar produk kompetitornya secara data makro nasional. Saat ini penjualan minuman ringan di pasar tradisional mengalami penurunan, namun penjualan minuman ringan di pasar modern justru mengalami peningkatan. Secara keseluruhan data saat ini pertumbuhan industri minuman nasional masih positif.

Menurutnya sektor industri minuman pada semester I-2019 menunjukkan pertumbuhan PDB sebesar 22,74%, artinya berkontribusi sebesar 2,01% terhadap PDB industri pengolahan non migas, dengan nilai investasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar US$ 68,72 juta. Sedangkan, untuk investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 1,43 triliun.

Realisasi investasi di sektor industri minuman pada semester I-2019 mencapai Rp 1.429,74 miliar untuk PMDN dan US$ 68,72 juta untuk PMA.

Saat ini Abdul bersama pihaknya berupaya untuk memfasilitasi masalah-masalah yang terjadi pada Pepsi dan mencari solusi agar Pepsi bisa kembali ke Indonesia sebagai penambah variasi produk minuman yang ada di negeri.

(Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top