kahijinews

Pemerintah Kota Bandung Berikan Penghargaan Kepada Pelaku UMKM Berprestasi

Foto : Istimewa

Bandung, kahijinews.com – Sebagai upaya untuk memperingati Hari Jadi Kota Bandung ke-209, Pemerintah Kota Bandung menggelar acara Penganugerahan UMKM Awards di Bumi Sangkuriang, Jalan Kiputih No.12 Bandung.

Pemerintah Kota Bandung memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bekerja sama dengan Kadin, Perbankan, Kanwil DJP Jawa Barat I c.q. KPP Pratama se-Kota Bandung.

Drs. Atet Dedi Handiman selaku Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mengatakan keberadaan para pelaku UMKM dinilai memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat sektor menengah ke bawah dan juga menyumbangkan sebanyak 80% kepada PDB Kota Bandung.

Menurut penjelasan Atet, berdasarkan data statistik terdapat 140.000 UMKM dan yang berada di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM ada 6.201 UMKM.

“Dari data tersebut dipilih enam pemenang UMKM dari masing-masing tiga kategori yaitu fesyen, kuliner, dan kriya,” jelas Atet saat ditemui di Bumi Sangkuriang, Rabu (9/10/2019).

Foto : Istimewa

Pemenang UMKM tidak akan sepenuhnya dilepas, namun akan tetap diberikan bimbingan, pemasaran kualitas produksi, dan juga permodalan. Pemenang UMKM dinilai berdasarkan beberapa kategori yaitu kualitas produk, manajemen inovasi, implementasi, manajemen keuangan, memanfaatkan marketplace, dan juga sosial media untuk memasarkan produk.

Acara yang bertemakan UMKM Kota Bandung menembus pasar global dihadiri oleh Walikota Bandung Oded M. Danial, perwakilan Kanwil DJP Jawa Barat I dan KPP se-Kota Bandung.

Dalam sambutannya, Oded mengatakan harapannya untuk pengembangan UMKM bukan lagi hanya sekedar formalitas dan juga menjadi komoditas, namun juga harus menjadi identitas lokal Indonesia yang berarti pengembangan UMKM dari hulu ke hilir.

Perwakilan Kanwil DJP Jawa Barat I menjelaskan jika  DJP Jawa Barat mendukung pengembangan UMKM melalui program Bussines Development Service (BDS).

Dengan ikut serta berpartisipasi aktif sama dengan memberikan dukungan dan pelayanan kepada pelaku UMKM sehingga akan tercipta kesinergian yang baik.

Diadakannya UMKM Awards ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pelaku UMKM Kota Bandung agar semakin unggul dan memiliki daya saing sebagai pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi, mampu membuka lapangan kerja, meningkatkan penghasilan, dan mengurangi kemiskinan.

Apabila UMKM berkembang, maka pelaku UMKM juga dapat ikut serta berpartisipasi aktif untuk membangun negara secara sukarela dengan cara melakukan pemenuhan kewajiban perpajakan atau yang sering disebut UMKM Sahabat Pajak.

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top