artikel

Menyalurkan Bantuan Kemanusiaan Bersama explore!

Foto : Raditya/Kahijinews

Kahijinews.com – Saat ini cukup sering terjadi bencana alam di beberapa wilayah di Indonesia. Bencana alam tersebut mengakibatkan banyaknya kerusakan rumah-rumah dan tidak jarang pula menimbulkan korban jiwa. Warga sekitar yang selamat tentu ingin mencari tempat aman untuk bertahan hidup dengan cara mencari pengungsian.

Namun tempat pengungsian saja tidak cukup membantu warga untuk bertahan hidup. Mereka tentu membutuhkan makan dan minum sebagai asupan gizi. Hal itu pun tentu menjadi perhatian bagi seluruh lembaga kemanusiaan yang tergerak untuk membantu orang-orang yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.

Sama halnya yang dilakukan oleh lembaga explore! yang dibentuk sejak Mei 2018 lalu ini secara resmi sebagai lembaga kemanusiaan internasional loh Kahiji People.

Direktur explore!, Ridhan Hafiedz menjelaskan explore! terbentuk sejak mereka hijrah dengan memberi kajian-kajian ke beberapa mesjid dan berkunjung ke beberapa lembaga sosial yang mengundangnya. Mereka saat itu terpikirkan untuk membentuk lembaga kemanusiaan dengan memulai ikut serta dalam perbaikan kerusakan sekolah untuk fasilitas pendidikan anak-anak di Lombok dan Palu.

Direktur explore!, Ridhan Hafiedz saat diwawancara di kantor explore! (Foto : Raditya/Kahijinews).

Lembaga dengan motto “Inspiring a Better Future” ini pun tak sungkan mengajak anak muda dengan berbagi pengetahuan mengenai relawan supaya lebih peduli dan peka terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Beberapa program explore! yang berjalan seperti melakukan kampanye peduli kebersihan lingkungan sekitarnya dengan mengajak seluruh pengunjung di sebuah event untuk mempraktikan langsung membuang sampah sekitar di tempatnya. Mereka juga menghimbau masyarakat menggunakan tumbler dan tas ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik.

Tim explore! saat menghimbau warga sekitar untuk membuang sampah pada tempatnya. (Foto : dok. explore!).

Selain itu, program lainnya seperti Air Untuk Air bertujuan untuk memenuhi kebutuhan warga yang dilanda krisis air dengan menyediakan air minum gratis serta memberikan donasi.

Tim explore! saat melaksanakan kegiatan “Air untuk Air” untuk warga sekitar. (Foto : dok. explore!).

Program yang dimiliki explore! tidak hanya berlaku untuk dalam negeri juga loh. Mereka kerap mengirim donasi berupa daging Qurban untuk para pengungsi  di negeri Syam, Suriah, dan Palestina, serta program lainnya, “100 Rumah untuk Suriah” dengan melibatkan organisasi non pemerintah dari Turki dan lembaga kemanusiaan internasional lainnya untuk membangun perumahan bagi para pengungsi yang membutuhkan tempat tinggal supaya terhindar dari gangguan iklim dan cuaca di wilayahnya.

Gimana nih Kahiji People tertarik nggak untuk ikutan kegiatan bareng explore! ? Jika kalian ingin mengenal explore! lebih dekat, kunjungi kantornya di Jl. Engkol No. 1a, Bandung atau langsung follow Instagram @explorehumanity.id

(Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top