kahijinews

Karhutla Kawasan Gunung Ciremai Kembali Meluas

Foto : dok. BPBD

 

Bandung, Kahijinews.com – Petugas gabungan berupaya untuk memadamkan api terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Gunung Ciremai, Jawa Barat.

Staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Yayat Sudrajat mengatakan api telah menyebar di beberapa titik. Sebelumnya lahan yang terbakar kurang lebih seluas 75 hektare, hingga kini kebakaran lahan menyebar menjadi 100 hektare di kawasan Gunung Ciremai.

“Api kemarin besar, sekarang sudah beberapa titik padam. Luasan bertambah yang terbakar, angka pastinya kurang tahu. Kemungkinan hingga 100 hektare,” ujar Yayat kepada detikcom di Pos Gegerhalang Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (29/10), dikutip dari detikNews.

“Angin cukup besar dan berubah-ubah arahnya, kemudian medannya juga terjal. Ini menjadi kendala kami. Ada beberapa petugas yang luka terkena bara api,” tuturnya.

Yayat mengatakan kebakaran tersebut berada di Blok Sigiribig Desa Setianegara pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Yayat menjelaskan sebanyak 63 petugas berupaya memadamkan api tersebut.

(Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top