artikel

Ulang Tahun ke-209, Ini Dia Kisah Singkat Asal Muasal Nama Kota Bandung

Foto : genpi.co/Instimewa/Gapura Digital

Kahijinews.com – Selamat ulang tahun ke-209 Kota Bandung. Kahiji People tau nggak? Umur Kota Bandung yang ke-209 belum terlalu tua loh Kahiji People dibandingkan dengan umur kota-kota lain di Indonesia.

Contohnya nih ya, Kota Surabaya yang sudah berusia 726 tahun, Kota Jakarta berusia 492 tahun, Kota Semarang berusia 472 tahun, dan juga Makassar berusia 408 tahun.

Tapi meskipun begitu, Kota Bandung mampu bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia loh. Bahkan ya sekarang Kota Bandung mampu disejajarkan dengan kota-kota lain di dunia.

Tapi Kahiji People tau nggak asal mula nama Kota Bandung? Ternyata banyak versi cerita mengenai asal muasal nama ‘Bandung’. Nama ‘Bandung’ berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahu yang kemudian membentuk telaga.

Sedangkan menurut legenda, nama ‘Bandung’ diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut-sebut perahu bandung. Perahu bandung digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II untuk melayari Citarum untuk mencari tempat kedudukan kabupaten baru untuk menggantikan ibukota yang lama yaitu Dayeuhkolot.

Berbeda menurut sejarah asal muasal nama ‘Bandung’ dalam bahasa Indonesia, nama ‘bandung’ identik dengan kata ‘banding’ atau yang berarti berdampingan. Ngabanding dalam bahasa Sunda berarti berdampingan atau berdekatan.

Sedangkan menurut filosofi Sunda, nama ‘Bandung’ berasal dari kalimat ‘Nga-Bandung-an Banda Indung’ yang merupakan kalimat sacral dan luhur dikarenakan mengandung ajaran Sunda.

‘Bandung’ memiliki nilai filosofi sebagai alam tempat segala makhluk hidup ataupun benda mati yang lahir dan juga tinggal di Ibu Pertiwi yang keberadaanya disaksikan yang Maha Kuasa.

Nah ini dia Kahiji People kisah singkat asal muasal nama ‘Bandung’. Ternyata banyak juga ya Kahiji People kisahnya. Jangan lupa untuk terus menjaga Kota Bandung atau yang di juluki Paris Van Java ini ya Kahiji People.

 

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top