artikel

Tips Mencuci Sepatu Sneakers dengan Tepat

Foto : Pinterest

Kahijinews.com – Sepatu sneakers kerap menjadi favorit penampilan setiap orang. Selain digunakan untuk aktivitas santai dan olahraga, banyak juga yang menggunakan sneakers untuk pergi bekerja dan acara formal. Kahiji People pasti memiliki selera tipe sneakers yang berbeda, termasuk cara mencuci sneakers dengan tidak sembarang.

Retail trainer Adidas Indonesia, Avicenna Jatikusumo saat peluncuran PulseBoost HD, city running sneakers di Jakarta beberapa waktu lalu, mengatakan jika menyuci sepatu dengan cara yang salah akan berdampak kerusakan pada sepatu tersebut.

Namun, ada saatnya loh sepatu sneakers nggak boleh sering dicuci.

“Yang pasti agar sepatu enggak mudah rusak, sepatu jangan terlalu sering dicuci.” Ujar Avicenna, dikutip dari CNN Indonesia.

Supaya Kahiji People nggak bingung cara mencuci sepatu sendiri dengan tepat, disini ada beberapa tipsnya :

1. Gunakan Deterjen Lembut
Pilihlah deterjen yang lembut untuk mencuci sepatu. Disarankan tidak menggunakan deterjen yang panas untuk kain. Avicenna mengatakan menggunakan deterjen terlalu panas dengan jumlah banyak, akan membuat lem sepatu dan juga benang-benangnya mudah rusak.

2. Jangan Direndam
Menurut Avicenna, salah satu kesalahan orang saat mencuci sepatu dengan cara merendamnya ke dalam air.
Merendam sepatu dalam ember berisi air dan deterjen membuat sepatu menjadi rusak. Meskipun kotoran dan debu akan hilang, namun bagian benang dan lem sepatu akan luntur.

3. Jangan Disikat

Tidak semua jenis sepatu bisa dibersihkan dengan cara menyikatnya. Hanya tipe sepatu yang bahannya keras, tebal dan permukaannya licin yang bisa, sedangkan sepatu yang memiliki benang tebal akan mudah rusak jika disikat.

4. Menghindari Cahaya Matahari

Cara menjemur sepatu sebaiknya tidak boleh langsung terkena cahaya matahari. Disarankan dengan membiarkan sepatu kering dengan terkena angina terlebih dulu.

 

(Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top