artikel

Kehadiran Podcast Semakin Populer Sebagai Sarana Informasi dan Hiburan

Foto : SalesLoft

Kahijinews.com – Kahiji People pernah dengar apa itu podcast? Belakangan ini, Podcast menjadi sarana informasi dan hiburan yang cukup  populer loh di kalangan masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

Podcast merupakan sarana dalam menyampaikan informasi dan hiburan dengan konten yang sudah ditentukan melalui audio. Jenis kontennya pun banyak, dapat membahas mengenai kegiatan sehari-hari, percintaan, musik, motivasi, dan obrolan yang mengundang canda tawa.

Asal mula nama podcast dari gabungan ‘ipod‘ dan ‘broadcast‘, yang dicetuskan oleh Ben Hammersley pada tahun 2004. Program  Matt Schichter Interviews yang diyakini sebagai podcast pertama. Beberapa artis dan musisi seperti B.B. King, Third Eye Blind, Gavin DeGraw, The Beach Boys, hingga Jason Mraz pernah menjadi bintang tamu di musim pertama podcast tersebut.

Mantan VJ MTV, Adam Curry, disebut juga sebagai orang pertama yang hadir dengan ide dalam menyalurkan gagasan, berita, diskusi, maupun informasi melalui format audio. Adam Curry juga memiliki program bernama Daily Source Code pada awal kemunculan podcast.

Kini podcast semakin populer, termasuk di Indonesia. Hal ini disambut baik oleh pemiliki Podcast Awal Minggu atau sosok yang disebut sebagai salah satu pemilik podcast pertama di Indonesia, Adriano Qalbi.

“Seperti medium baru lainnya, ini (podcast) nggak bisa didobrak sendiri, harus bareng-bareng. Semakin banyak kan semakin menyenangkan,” Ujarnya pada detikHot, dikutip dari detikHot.

Dapat disimpulkan podcast menjadi salah satu sarana tambahan dalam memberikan informasi dan hiburan dengan konten yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan Kahiji People.

 

(Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top