artikel

Berendam Air Dingin Bisa Lancarkan Peredaran Darah? Ini Kata Dokter Ahli

Foto: ohayo.co.id

Bandung – Sebuah unggahan di Facebook menginformasikan lima manfaat merendam kaki dengan air dingin selama 15 detik dapat melancarkan peredaran darah. Benarkah hal itu? Ini menurut pendapat dokter ahli.

Ahli penyakit dalam konsultan kardiovaskuler dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, mengatakan bahwa informasi dalam unggahan tersebut tidaklah benar. Menurutnya merendam kaki dalam air dingin justru akan berisiko buruk untuk kesehatan. Hal itu akan memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

“Suhu dingin bisa mengakibatkan vasokontriksi yaitu penyumbatan pembuluh darah di kaki. Akibatnya kaki jadi terlihat lebih pucat dan keriput,” kata dr Eka, Senin (2/9), dikutip dari detikHealth.

Sebenarnya, mengecilnya pembuluh darah merupakan mekanisme umum saat tubuh terpapar suhu dingin. Tubuh mencegah pelepasan panas dari tubuh dengan mengecilkan pembuluh darah. Hasilnya tubuh akan merasa nyaman dengan suhu yang tidak terlalu dingin.

Sedangkan peredaran darah yang tidak lancar bisa diakibatkan sumbatan pada pembuluh atau kondisi darah. Penyebab sumbatan itu adalah penumpukan plak, lemak dan kolesterol dalam pembuluh darah. Itu disebut aterosklerosis.

“Untuk sumbatan yang diakibatkan kondisi darah misal terlalu kental atau kotor. Sumbatan akibat darah atau pembuluh tak bisa diatasi hanya dengan merendam kaki dalam air dingin dan panas selama 15 detik,” tuturnya.

Dia menganjurkan apabila terjadi penyumbatan sebaiknya atasi dengan minum obat sesuai resep dokter. Jalani juga pola hidup yang sehat. Seperti rajin olahraga, minum air putih yang cukup, mengkonsumsi buah dan sayuran, serta tidak merokok.

(Adp)

Kolom Komentar Facebook
To Top