artikel

Amankah Minum Obat yang Sudah Digerus?

Foto : Hellosehatcom

kahijinews.com – Pastinya Kahiji People ada yang suka sulit menelan pil obat secara utuh sehingga biasanya digerus terlebih dahulu. Tapi tahu ngga sih Kahiji People? Ternyata kita tidak bisa sembarangan menggerus obat loh….

Karena menggerus obat secara sembarangan dapat membuat khasiat obat menghilang. Bahkan pakar kesehatan menyebutkan, jika kesulitan minum obat bicarakan terlebih dahulu kepada dokter jangan sembarangan menggerus ataupun memotongnya.

Hal tersebut disebabkan karena bentuk dan cara kerja obat itu sendiri berbeda. Jika sembarangan menggerus obat, dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping seperti lapisan perut yang teriritasi yang malah bisa memicu masalah kesehatan baru di dalam tubuh.

Berikut jenis obat yang boleh dan juga tidak boleh digerus, sebagai berikut :

  1. Obat dengan lapisan gula

Jika menggerus obat yang berlapisan gula, obat akan terasa pahit saat ditelan. Hal ini karena lapisan gula pada obat berfungsi untuk menurunkan sensasi pahit pada obat.

 

  1. Obat dengan lapisan enteri

Lapisan enteri pada obat berfungsi untuk mencegah obat pecah saat terkena asam lambung, jika menggerusnya maka lambung akan teriritasi dan manfaat obat tersebut akan menghilang.

 

  1. Obat dengan lapisan lepas lambat

Lapisan lepas lambat ditujukan agar dosis obat yang keluar secara perlahan. Namun jika digerus maka obat akan keluar secara bersamaan dalam jumlah yang besar secara bersamaan. Dan apabila hal ini terjadi dapat membahayakan kesehatan.

 

  1. Obat tanpa pelapis

Obat tanpa pelapis aman jika digerus karena tanpa efek samping apapun jika dikonsumsi dalam bentuk apapun.

 

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top