artikel

Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih

Foto : detikcom/iStock

kahijinews.com – Pastinya Kahiji People tahu dong kalau orang dewasa wajib minum 8 gelas air putih sehari. Tapi Kahiji People tahu ngga sih waktu yang tepat untuk minum air putih dalam sehari?

Mengonsumsi air putih 8 gelas sehari dapat membuat tubuh Kahiji People terhindar dari masalah kesehatan mulai dari sembelit bahkan hingga stroke. Karena jika tubuh kita terdehidrasi dengan cukup maka metabolism tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Berikut waktu yang tepat untuk minum air putih menurut berbagai penelitian :

1. Bangun Tidur

Segelas air putih di pagi hari atau setelah bangun tidur dapat membantu membangkitkan sel-sel dalam tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas, dan juga dapat membantu mengeluarkan radikal bebas dan racun dari kalori yang terbakar saat metabolisme tubuh kalian semalaman, dan jumlah minum yang disarankan sekitar 250-300 ml air putih.

2. Sebelum dan Sesudah Makan

Minum air putih sebelum makan selain membuat perut merasa lebih kenyang juga dapat membantu melembabkan lambung sebelum diisi oleh asupan makanan. Air putih sebelum makan juga diperlukan untuk membilas mulut dan tenggorokan dan juga membantu organ agar memudahkan mencerna makanan.

3. Sebelum Olahraga

Agar tidak terdehidrasi saat olahraga, dianjurkan meminum segelas air putih sebelum berolahraga. Begitu pula saat berolahraga, tubuh membutuhkan asupan air untuk menjaga kelembapan dan mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat.

4. Sebelum Mandi

Air putih harus diminum dalam keadaan hangat agar dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah. Meminum air putih sebelum mandi juga dapat mencairkan kadar natrium dalam tubuh.

5. Sebelum Tidur

Jika tubuh kita terdehidrasi dengan cukup sebelum tidur, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Karena saat tubuh mengalami dehidrasi penyakit kardiovaskular akan semakin mudah menjangkit tubuh.

Sebaiknya minum segelas air putih sebelum tidur dan juga siapkan cadangan air agar ketika tengah malam terbangun karena haus bisa langsung meminumnya.

(Adr/Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top