artikel

Waktu Makan yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

Foto : IStock

Banyak orang yang mengeluh akan berat badannya yang tidak turun meskipun mereka telah melakukan diet dengan berbagai cara. Ternyata salah satu faktor susah menurunkan berat badan adalah waktu makan yang tidak teratur.

Tahu ngga sih Kahiji People? Yang menjadi kunci penting dalam menurunkan berat badan adalah konsumsi makanan yang tepat dengan jumlah yang tepat dan juga mengatur jadwal makan di waktu yang tepat.

Menurut penelitian 6 dari 10 pastisipan mengatakan penurunan berat badan lebih sulit jika tidak bisa mengikuti aturan jam makan yang sesuai. Bukannya berat badan menurun, Kahiji People akan berakhir dengan makan lebih banyak sehingga sulit menurunkan berat badan.

Menurut Good to Know, peneliti mengungkapkan waktu makan yang tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan terbagi menjadi tiga waktu. Yang pertama waktu sarapan terbaik adalah setelah pukul 7 pagi atau 7.11 tepat. Untuk makanan siang lebih baik pukul 12.30 hingga 13.00 atau waktu yang paling baik pukul 12.38.

Sedangkan untuk makan malam waktu yang baik pukul 18.00 sampai dengan pukul 18.30 tetapi waktu yang disarankan paling tepat pukul 18.14. Waktu makan yang disarankan sangat penting untuk dipatuhi jika ingin menurunkan berat badan. Karena kebiasaan makan malam di atas jam 20.00 terbukti bisa meningkatkan lingkar pinggang, ukuran lingkar pinggang bisa bertambah hingga 5 cm jika terus melakukan kebiasaan buruk ini.

Buat Kahiji People jangan khawatir kelaparan karena Kahiji People masih bisa memakan cemilan disela-sela waktu makan. Waktu terbaik untuk memakan cemilan adalah 11.01, 15.14, dan 21.31. Jumlah kalori yang disarankan untuk cemilan sekitar 750 kkal.

Telur rebus, sup miso, blueberry, granola, kacang-kacangan, pisang dan yogurt merupakan salah satu camilan yang tinggi kalori namun tinggi serat dan protein yang baik untuk camilan di sela waktu makan.

Peneliti Lee Smith melakukan penelitian bersama 1.000 pelaku diet, dia mengungkapkan 76% partisipan mengungkapkan sarapan menjadi waktu makan yang paling penting. Sebanyak 84% partisipan mengaku berat badannya turun karena mengikuti waktu yang tepat saat makan.

Sebanyak 72% partisipan mengaku tidak menambah kalori makan siang dan makan malam untuk membatasi asupan kalori secara menyeluruh. Mereka juga menyarankan pentingnya makan malam sebelum pukul 19.00.

National Health Service (NHS) di Inggris menyarankan bagi wanita yang ingin berat badanya turun tidak boleh mengasup kalori lebih dari 1.400 kkal per hari. Saat sarapan maksimal 400 kkal, makan siang 400 kkal, makan malam sekitar 300 kkal. Dan masih ada 100 kkal sisa untuk memakan makanan favorit.

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top