artikel

Toyota Akan Produksi Mobil Hybrid Pertama Di Indonesia?

Foto : detikcom/Rengga Sencaya

Kahiji People tahu ngga sih? Toyota akan memproduksi mobil hybrid atau yang berbasis listrik pertama kalinya di Indonesia.

Dana yang disiapkan juga ngga sedikit lho Kahiji People, dana yang harus disiapkan mencapai Rp 28,3 triliun yang akan dikeluarkan dalam empat tahun ke depan. Mobil-mobil low MPV contohnya seperti Avanza atau mobil LCGC seperti Calya-Agya menjadi mobil pilihan yang tepat untuk dijadikan mobil hybrid jika ingin mengejar volume penjualan.

Fransiscus Soejopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengatakan jika Toyota belum menentukan mobil hybrid untuk jenis tersebut.

Dia juga menjelaskan market mobil low hybrid besar, sehingga jika membuat mobil low hybrid tidak tahu harus menentukan harga berapa. Membuat mobil hybrid pun harus sesuai dengan selera pasar karena harus ada penyesuaian atau yang disebut grace periode.

“Kayak ngomong Euro 4, pemerintah ngasih waktu untuk bensin satu tahun, diesel 3 tahun. Itu menunjukkan industri butuh penyesuaian. Jadi industri nggak semudah itu ngikutin secara langsung (keinginan pasar) kayak balikin telapak tangan,” jelas pria tersebut yang akrab disapa Suryo.

Dia juga menambahkan Toyota memandang dari sisi regulator dan customer untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

“Kalau bilang infrastuktur harus siap, mobilnya harus siap. Ya udah, itu masing-masing punya tanggung jawab. Kalau kami dari APM melihatnya dua, customer sama regulator pemerintah,” imbuhnya.

“Jadi customer itu bagaimana, makanya kami tiga tahun ini meng-educate customer masalah elektrifikasi vehicle. Kalau dilihat dari GIIAS tiga tahun lalu, sampai kemarin itu kita tampilin terus kendaraan EV (Electric Vehicle). Kami ingin orang Indonesia lihat EV yang jadi cita-cita pemerintah. Pemerintah tinggal mau ke mana? Pasti APM akan ngikutin. Karena kalau kita nggak bisa ngikutin customer dan pemerintah ya nggak bakal bisa jualan mobil kita,” tutup Suryo.

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top