artikel

Suhu di Greenland Naik, Gletser Meleleh Hingga 12,5 Miliar Ton dalam Sehari

Republika.co.id/greenland.go

Bandung, kahijinews.com – Gletser dengan berat 12,5 miliar ton di Greenland meleleh hanya dalam sehari. Hal itu disebabkan karena meningkatnya suhu di Greenland hingga 30 derajat celcius.

Ilmuwan di Greenland berhasil mengabadikan video yang menunjukkan sungai beraliran deras yang diakibatkan oleh lelehan gletser.

Para ahli meteorologi, ilmuwan iklim, dan geologi menggabungkan data untuk menentukan berapa luas pencarian yang terjadi di Greenland. Berdasarkan informasi dari Forbes, Martin Stendel salah seorang ilmuwan iklim menghitung jumlah es yang mencair pada Rabu dan Kamis lalu cukup untuk bisa menutupi seluruh negara bagian Florida.

Ketinggian air mencapai 5 inch atau sekitar 12,7 cm. Kejadian hilangnya 12,5 miliar ton es dalam sehari adalah peristiwa terbesar sejak pengukuran awal pada tahun 1950.

Bahkan pada bulan Juli lalu, negara bagian Eropa menghebohkan dunia dengan gelombang panas yang mencapai suhu 109 F atau sekitar 42 derajat celcius tepatnya di Paris, Perancis.

Meningkatnya suhu di Greenland hingga 30 derajat dari rata-rata tahun ini diakibatkan karena gelombang sama yang terjadi di Eropa bermigrasi ke Greenland.

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top