artikel

Segudang Manfaat Tanaman Kaktus Bagi Kesehatan

Foto: befren.com

Kahijinews.com – Kahiji People tahu nggak sih? Kaktus bukan hanya bisa digunakan untuk tanaman hias, tetapi kaktus juga bisa dimakan dan banyak jenis kaktus yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Kaktus sangat kaya akan serat, antioksidan, vitamin dan mineral.

Salah satu jenis kaktus yang dapat dimakan adalah kaktus nopales atau prickly pear, bahkan jenis kaktus ini populer di Amerika Latin dan juga Meksiko. Tanaman ini memang dikenal memiliki banyak duri dipermukaannya namun diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan lho, Kahiji People.

Kaktus dapat dimakan langsung ataupun diolah menjadi suatu hidangan lezat. Namun sebaiknya gunakan kaktus yang masih muda dan empuk. Kaktus memiliki tekstur renyah, rasanya tawar dan padat serta ada sedikit rasa asam segar.

Berikut manfaat kaktus bagi kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan vitamin B kompleks pada kaktus akan mempercepat laju metabolisme sehingga lebih banyak kalori yang dibakar tentunya bagus buat Kahiji People yang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan serat pada kaktus juga membuat Kahiji People merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Dan juga kaktus dapat menurunkan kolestrol jahat yang dapat membantu proses pembakaran lemak.

2. Kaya Kandungan Nutrisi

Vitamin dan mineral merupakan dua nutrisi yang penting untuk menjaga kelangsungan fungsi tubuh.

Kaktus juga mengandung berbagai nutrisi bermanfaat. Seperti yang trekandung dalam kaktus mentah dengan berat 128 gram yang mengandung 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat dan juga 14 kalori.

Manfaat lainnya yang terkandung dalam kaktus adalah memberikan 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4,6 mikrogram vitamin K dan 141 miligram kalsium.

3. Melancarkan Pencernaan

Kaktus mengandung banyak serat pangan yang pastinya penting bagi pencernaan sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Kandungan serat pada makanan dapat membuat feses menjadi padat sehingga mudah dikeluarkan dari saluran pencernaan. Asupan serat dari kaktus juga merangsang gerak peristaltik (gerakan meremas) pada otot halus disepanjang usus.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Dengan memakan kaktus salah satu manfaatnya adalah mendapatkan antioksidan berupa pectin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat. Seluruh senyawa antioksidan ini melindungi tubuh dari radikal bebas yang memicu pembentukkan kanker.

Penelitian ini dibuktikan pada hewan yang menunjukkan kaktus dapat menghambat pertumbuhan tumor di dalam tubuh yang dikarenakan oleh kandungan antioksidan yang beragam.

5. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Dikutip dari hello sehat, Makan kaktus dinilai aman bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengendalikan gula darah. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology.

Menurut penelitian tersebut, ekstrak biji kaktus dapat menurunkan gula darah dan juga meningkatkan glikogen pada otot dan juga hati. Manfaat kaktus ini akan semakin baik jika diimbangi dengan mengkonsumsi obat-obatan sesuai resep yang dianjurkan dokter.

(Adr/Adp)

 

Kolom Komentar Facebook
To Top