artikel

Mitos atau Fakta, Minum Air Dingin Usai Makan Bikin Lemak Membeku di Tubuh?

Foto: hellosehat.com

Kahijinews.com – Belakangan terakhir muncul anggapan bahwa minum air dingin usai makan bakal membuat lemak mengendap atau ikut membeku di dalam tubuh bergulir dikalangan penggunan media sosial. Mistos atau fakta ya, Kahiji People?

Ramai di media sosial seperti facebook, menginformasikan bahwa minum air dingin (air es) pada saat makan nasi yang lauk pauknya mengandung lemak seperti soto, bakso, daging hewani dan lain-lain, akan mengakibatkan lemak tersebut jadi membeku atau menggumpal di dalam peredaran darah sehingga dapat menimbulkan kolesterol tinggi dan bisa terjadi penyumbatan pembuluh darah. Ha tersebut dapat mengakibatkan sakit stroke aatau serangan jantung, asam urat dan obesitas.

Menanggapi hal itu, dr Hastomo Prabowo dari Rumah Sakit Pondok Indah Group menjelaskan, air dingin yang diminum usai makan tidak membuat lemak makanan jadi ikut beku atau menggumpal. Seseorang bakal tetap berisiko sekalipun itu air dingin atau hangat jika asupan makanan berkolesterol tinggi tidak dikendalikan.

Kalau misalnya jadi menggumpal kemudian akhirnya jadi ke arah masalah jantung, saya rasa tidak seperti itu,” kata dr Hastomo, Sabtu (24/8/2019) dikutip dari detikHealth.

“Kita minum air hangat tapi makan yang berkolesterol tinggi kyan itu lebih asuk akal akan jadi masalah jantung. Jadi lebih ke arah makanannyabukankarena apa yang kita minum. Jadi ini salah,” tuturnya.

Sementara itu, hal serupa juga pernah dikatakan oleh ahli nutrisi Leona Victoria Djajadi. Leona mengatakan, tubuh memiliki kemampuan untuk secara otomatis menyesuaikan suhu makanan atau minuman yang masuk ke perut.

“Lemak yang mengendap dalam tubuh merupakan konsekuensi dari makan terlalu anyak (terutama makanmiyak/lemak) ditambah kurangnya olahraga, bukan karena minum air dingin,” kata Leona.

Sudah mengerti kan, Kahiji People? Ternyata anggapan yang bergulir itu hanyalah mitos. Jadi terlepas itu air dingin atau hangat yang kita minum, lebih baik kita menjaga juga asupan makanan yang kita pilih untuk dikonsumsi. Namun agar lebih sehat, dianjurkan untuk minum air dengan suhu yang normal saja.

(Adp)

Kolom Komentar Facebook
To Top