artikel

Mana Sih Yang Lebih Baik Dilakukan Saat Bangun Tidur, Mandi atau Sarapan?

Foto : hellosehat.com

Bandung, kahijinews.com – Kahiji People pernah bingung ngga sih mana yang lebih baik dilakukan saat baru bangun tidur. Apa lebih baik makan dulu atau mandi dulu?

Bagi sebagian orang mungkin ada yang terbiasa mandi dulu atau bahkan lebih baik sarapan dulu. Memang kedua hal tersebut sama-sama bermanfaat, tapi mana yang lebih baik ya?

Sarapan merupakan bagian terpenting dari rutinitas pagi, karena Kahiji People akan memperoleh energi yang optimal untuk menjalani kegiatan sehari-hari dan juga dapat mengisi kembali energi yang terpakai saat tidur.

Sarapan rutin termasuk memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh diantaranya meningkatkan level energi, meningkatkan penyerapan nutrisi, menjaga kadar gula darah dan juga mencegah makan lebih banyak di sisa hari.

Kalau Kahiji People bingung mending sarapan atau mandi terlebih dahulu, coba pahami lagi apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Kahiji People membutuhkan banyak energi untuk beraktifitas lebih baik sarapan terlebih dahulu.

Namun Kahiji People juga harus waktu ideal untuk sarapan itu adalah satu jam setelah bangun tidur, jika lewat batas itu kemungkinan untuk makan berlebih sepanjang hari menjadi lebih besar.

Tapi ada fakta unik loh kalau kita terbiasa mandi di pagi hari. Mandi pagi bukan hanya untuk membersihkan kotoran dan keringat pada tubuh, namun mandi di pagi hari juga bisa memberikan informasi pada otak untuk segera memulai hari.

Secara biologis, otak akan mengatur jam biologis tubuh, sehingga Kahiji People akan terbiasa mengartikan ini sebagai tanda bahwa pagi telah tiba. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa lebih segar usai mandi pagi hari.

Banyak orang juga yang lebih memilih mandi terlebih dahulu setelah bangun tidur. Kita juga perlu memperhatikan suhu air, mandi air hangat akan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga mudah mengantuk.

Tapi Kahiji People harus ingat, tidak boleh langsung mandi usai bangun tidur karena bisa menyebabkan hipotensi ortostatik atau tekanan darah rendah yang dipicu karena perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top