artikel

Jenis Makanan dan Minuman yang Baik untuk Hentikan Kecanduan Merokok

Foto: hellosehat.com

Kahijinews.com – Kahiji People, efek kecanduan merokok itu bisa ditahan dengan pola makan sehat lho. Memang ada kalanya beberapa orang mantan perokok aktif hampir menyerah karena tidak kuat stres karena berhenti merokok.

Dalam satu kepulan asap rokok melepaskan kurang lebih 7.000 bahan beracun. Oleh karena itu bagi seseorang yang berniat berhenti merokok, reseptor lidah dan hidungnya akan ikut rusak akibat terkena zat-zat kimia dalam rokok. Bahkan yang paling sering dialami oleh seseorang yang berniat berhenti merokok adalah mudah stres.

Namun Kahiji People nggak usah khawatir, menurut penelitian yang dimuat dalam Jurnal Tobacco Induced Diseases tahun 2017, mengatur pola makan sehat bisa menjadi salah satu cara sukses untuk berhenti merokok.

Kahiji People pastinya ingin tahu dong makanan apa sajakah itu? Ini dia nih makanan yang dapat membantu Kahiji People berhenti merokok.

  1. Popcorn

Popcorn bisa jadi salah satu makanan yang membantu kalian  berhenti merokok lho. Bukan hanya sebagai cemilan, ternyata memakan pop corn akan membuat Kahiji People menjadi cepat kenyang. Sekitar 1.000 gram atau bisa juga setara dengan 5 cangkir popcorn mengandung 150 kalori, buat Kahiji People yang sedang diet pun ngga usah khawatir takut gemuk. Tapi popcorn sebaiknya ditambah dengan sedikit minyak zaitun atau keju parmesan agar lebih gurih dan menambah cita rasa bukan ditambah dengan mentega, gula atau garam.

  1. Sayur dan Buah

Kahiji People bisa pilih berbagai sayur dan buah yang disukai. Karena menurut penelitian dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2013, para mantan perokok yang menyukai sayur dan buah cenderung lebih mudah berhenti merokok. Hasrat untuk berhenti merokok bahkan menguat hingga 30 hari ke depan, dibanding perokok yang tidak suka sayur dan buah. Buah dan sayur dapat membantu mengembalikan sensitivitas lidah.

  1. Kacang

Salah satu masalah yang paling umum saat berhenti merokok adalah berat badan naik secara drastis. Namun Kahiji People tenang aja, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine tahun 2015 mengungkapkan bahwa orang yang makan makanan tinggi serat akan mengalami penurunan berat badan hingga 2,5 kilogram dalam sebulan.

Kacang termasuk makanan yang tinggi serat, sehingga Kahiji People tetap bisa ngemil tanpa takut berat badan naik asalkan tetap di jaga ya Kahiji People pola makan kalian. Namun bukan hanya kacang yang tinggi serat, brokoli, raspberry dan jenis buah beri lainnya mengandung serat tinggi.

  1. Susu

Nah yang terakhir susu. Susu bisa menjadi alternatif buat Kahiji People yang mau berhenti merokok. Bahkan susu banyak dipilih untuk membantu menghilangkan sensasi pahit di lidah akibat merokok. Temuan ini bermula dari sebuah studi dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2007. Dalam penelitian, sekitar 209 perokok diminta untuk menikmati berbagai makanan dan memilih jenis makanan apapun yang dapat membuat lidahnya terasa enak dan tidak.

Namun ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat Kahiji People sedang berusaha berhenti merokok yaitu kopi, alkohol, dan makanan yang rendah kalori.

(Adr/Adp)

Kolom Komentar Facebook
To Top