kahijinews

BPPD Kota Bandung Sosialisasikan 9 Mata Pajak di Lapangan Tegalega Bandung

Kahijinews.com, Bandung – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung berkolaborasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat, menggelar sosialisasi pajak untuk daerah Bandung Selatan di Taman Dino Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Minggu (4/8/2019).

Kepala Bidang Perencanaan BPPD Kota Bandung, Lindu Prarespati Ananto mengatakan, dalam gelaran yang kedua kalinya ini, BPPD Kota Bandung mensosialisasikan 9 mata pajak yang penting untuk diketahui masyarakat.

“Untuk sosialisasi hari ini adalah yang kedua setelah di Arcamanik. Kita berkolaborasi dengan Bapenda Jawa Barat. Karena Bapenda Jawa Barat juga ada kepentingan untuk sosialisasi berkaitan pajak yang dikelola Provinsi. Sementara itu, BPPD Kota Bandung sosialisasi mengenai 9 mata pajak yang dikelola oleh Kota Bandung,” ujar Lindu saat diwawancara Kahijinews.

Lindu menyebut, presentase kontribusi pajak daerah di Kota Bandung cukup besar. Ada lebih dari 30% APBD yang dikelola Pemerintah Kota Bandung berasal dari pajak daerah. Pajak tersebut disebut 9 mata pajak, yaitu pajak hotel, pajak hiburan, pajak parkir, pajak penerangan jalan, pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak Air dan Tanah, pajak restoran dan pajak reklame.

Kepada Bidang Perencanaan BPPD Kota Bandung, Lindu Prarespati Ananto (Foto: Aurelia Debby)

Selain masyarakat umum, masyarakat dari lima Kecamatan eks wilayah Tegalega turut membuat acara semakin meriah. Antusias masyarakat sangat besar mengikuti acara dari awal sampai selesai.

“Kemeriahan ini karena dihadiri oleh lima Kecamatan eks wilayah Tegalega, yaitu Babakan Ciparay, Bandung Kulon, Bojongloa Kidul, Bojongloa Kaler dan Astana Anyar,” kata Lindu.

Selain kegiatan sosialisasi pajak daerah, masyarakat disuguhkan dengan acara senam sehat dan hiburan musik. Ada juga pembagian doorprize yang menarik, diantaranya kompor gas, TV LED dan Mesin cuci.

Masyarakat antusias mengikuti kegiatan senam sehat yang diadakan oleh BPPD Kota Bandung (Foto: Aurelia Debby)

Di kegiatan tersebut tersedia fasilitas mobil layanan informasi dan konsultasi pajak daerah. Masyarakat juga bisa bayar pajak kendaraan karena ada fasilitas samsat keliling.

Lindu berharap, kegiatan sosialisasi tersebut dapat lebih mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak, karena pajak itu untuk pembangunan di Kota Bandung.

“Semoga dengan sosialisasi pajak daerah ini, paling tidak kita mengingatkan kepada masyarakat untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak. Karena pajak itu untuk pembangunan di Kota Bandung. Seperti tag line kami, Bayar Pajak Banyak Manfaat,” pungkas Lindu.

(Adp)

Kolom Komentar Facebook
To Top