artikel

10 Jenis Makanan ini Dapat Membantu Turunkan Kolesterol

Foto: hellosehat

Kahiji People tahu ngga sih apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan zat yang menyerupai lilin yang mengalilr dalam aliran darah. Tapi tidak semua kolesterol jahat lho. Kolesterol dibagi menjadi dua secara umum yaitu LDL dan HDL.

LDL adalah kolesterol buruk yang bisa menyebabkan tekanan serangan jantung dan stroke karena menyumbat arteri dan plak. Sedangkan HDL merupakan kolesterol yang baik bagi tubuh.

Salah satu makanan yang mengandung kolestrol tinggi adalah daging kambing. Dibanding dengan daging sapi, kandungan kolesterol daging kambing memang dinilai lebih rendah. Namun Kahiji People tetap tidak boleh mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Setelah memakan daging kambing dan daging sapi usai Idul Adha ada baiknya untuk menjaga kolesterol.

Berikut makanan yang dapat membantu untuk menurunkan atau menormalkan kolesterol dalam tubuh Kahiji People setelah makan daging terlalu banyak.

  1. Tuna

Dengan mengkonsumsi tuna segar atau pun kalengan dua kali seminggu dapat membantu Kahiji People menurunkan laju peningkatan plak. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu menurunkan level trigliserida yang merupakan salah satu faktor risiko untuk penyakit jantung.

  1. Pisang

Pisang salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengeluarkan dari sistem pencernaan. Oleh sebab itu kolesterol tidak akan masuk ke aliran darah dan menyumbat arteri. Pisang juga dinilai efektif menurunkan kolesterol.

  1. Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan C, lycopene yang dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh, tomat juga dinilai sebagai sumber potasium selain pisang.

  1. Kentang

Kandungan potasium sehat yang terdapat dalam kentang panggang lebih baik dibandingkan kandungan potasium pada pisang. Jumlah nutrisi yang cukup penting untuk menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

  1. Terong

Terong membantu menurunkan tingat stress, ini termasuk proses yang dapat meningkatkan kolesterol dengan adanya inflamasi kronis dan juga pembentukan plak.

  1. Apel

Mengutip Good House Keeping, sebutir apel sehari bisa membantu menjauhkan Anda dari kardiologis. Studi membuktikan bahwa konsumsi apel akan membantu menurunkan total kolesterol. Dalam kulit apel terkandung phenolic.

  1. Bayam

Bayam dapat membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan produksi nitric oxice (NO) yang membantu membersihkan pembuluh darah dan juga mengurangi atherosclerosis.

  1. Oat

Oat mengandung serat beta glucan. Beta glucan membantu menurunkan tingkat LDL. Oat akan menyerap air dari tingkat indeks glikemik dan mengeluarkan sisa lemak jenuh sebelum masuk ke dalam aliran darah. Untuk lebih efektif, oat dapat dicampur dengan pisang dan chia seed agar lebih ampuh menurunkan kolesterol.

  1. Salmon

Salmon mengandung sumber omega-3 yang tinggi. Bukan hanya menurunkan kolesterol, salmon memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya yaitu mengurangi inflamasi dan mengandung trigliserida.

  1. Alpukat

Alpukat kaya dengan lemak jenuh dan serat yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

(Adr/Adp)

Kolom Komentar Facebook
To Top