artikel

Perpustakaan Luar Angkasa Kini Hadir di Ciamis

Foto : Dadang/detik.com

Tahu ngga sih Kahiji People, kalau kalian suka membaca kini bisa merasakan sensasi membaca buku di luar angkasa. Salah satu Perpustakaan Daerah Ciamis membuat inovasi yaitu membuat ruangan baca khusus anak-anak yang bertemakan luar angkasa.

Dilansir dari detikTravel, Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis, Nia Kurniawan menjelaskan ruangan baca tersebut khusus untuk anak-anak. Perpustakaan ini dibuka untuk umum namun apabila ada rombongan dari kelompok bermain (kober), Paud dan TK.

“Kalau ada rombongan dari Paud dan TK, ketika datang mencari buku-buku dulu untuk dibaca, lalu diarahkan ke ruangan ini. Ya memang pas datang harus memberikan surat permohonan sebagai administrasi saja, secara lisan juga bisa,” ucap Nia saat ditemui di Perpusda pada Kamis (25/7/2019).

Nia juga menjelaskan, ruangan baca tersebut mulai dibuka sejak tahun lalu namun kali ini cukup ramai dikunjungi anak-anak.

“Yang berkunjung banyak, sampai ratusan setiap harinya. Tujuan dibuatnya ruangan ini memang dibuat untuk daya tarik anak-anak. Supaya meningkatkan minat baca anak, terutama datang ke perpustakaan,” jelas Nia.

Menurutnya juga, konsep di ruang baca di Perpustakaan Ciamis merupakan konsep yang fresh dan baru dan juga dilengkapi dengan audio visual yang menarik pelajar dan warga Ciamis.

Ruangan baca bertema luar angkasa ini terlihat elegan dan futuristik. Namun ruang baca ini juga memiliki hiasan dinding yang menarik dan unik. Seluruh bagian ruangan baca ini dicat gelap dan dihiasi bintang-bintang kecil dan galaksi.

Pada dinding ruangannya terdapat susunan tata surya yang mengelilingi matahari.  Bagian atapnya terdapat susunan planet yang digantung sesuai urutan mulai dari matahari, Merkurius, Venus, Bumi, Mars dan selanjutnya.

Bangku di ruangan baca tersebut berbentuk bundar dan terdapat lingkaran kuning di tengahnya seperti matahari. Dan dilengkapi dengan pengeras suara menjelaskan planet yang ada di tata surya. Suasana tersebut terasa seperti sedang membaca di luar angkasa.

(Adr)

Kolom Komentar Facebook
To Top