artikel

Motor Listrik SDR yang Viral Oleh Ridwan Kamil Sudah Ada Sejak 2 Tahun Lalu

Motor Listrik SDR Foto: Istimewa/Humas Pemprov Jawa Barat

Jakarta – Beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, viral ketika menunggangi motor listrik SDR. Ternyata motor listrik rakitan Bandung itu sudah ada sejak 2 tahun lalu.

Dilansir dari detikOto, pemilik PT Arindo Pratama, Soegeng Rijadi, mengatakan motor listrik ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 2017 dan sudah melakukan berbagai pengujian.

“Dulu 2017 saya masih datangkan secara CBU dari China, Cuma sekarang yang ada di Indonesia itu lebih bagus karena menggunakan part lokal. Dan ini sudah dipatenkan sejak 2017,” ujar Soegeng kepada detik.Oto, Selasa (9/7/2019).

Motor listrik SDR yang ditunggangi Ridwan Kamil Foto: Istimewa/Humas Pemprov Jawa Barat

Soegeng mengaku, sejak 2017 sudah melakukan pengujian dan tidak lulus. Dinyatakan lulus pada 2018 setelah ganti menggunakan part lokal yang lebih baik.

Menurut soegeng, ini menjadi semangat baru buat perakitan lokal. Mengingat bukan hal yang mudah sebuah sepeda motor dapat meluncur ke jalanan. Butuh berbagai izin yang harus dilakukan untuk bisa benar-benar dikendarai dengan aman di jalanan. Dia mengaku, untuk urus surat menyurat baru dapat selesai di April 2019.

Motor listrik SDR sendri diklaim memiliki kemampuan menjelajah dengan jarak tempuh sejauh 70 km dengan daya maksimal 2.500 watt. Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi dayanya.

Motor listrik ini nyaman dikendarai oleh semua kalangan, dengan rangka bajanya yang ditopang suspensi depan teleskopik dan shockbreaker belakang double swing shock absorber. Secara dimensi, motor ini layaknya roda dua fairing konvensional.

(Adp)

Kolom Komentar Facebook
To Top