artikel

Lebih Parah dari Jakarta, Ini Kota Dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia

Foto: Istimewa

Baru-baru ini memang Jakarta tengah jadi sorotan soal kualitas udara yang yang buruk. Seiring dengan polusinya yang semakin parah, AirVisual menyebut kualitas udara di Jakarta masuk ke dalam kategori ‘tidak sehat’.

Akan tetapi, tahukah KahijiPeople, ternyata bukan hanya Jakarta, beberapa kota di India juga memiliki kualitas udara yang buruk. Dimana saja kota tersebut?

Dilansir dari detikFinance, menurut catatan AirVisual dan Greenpeace, ada tujuh kota di India dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Berada sekitar 30 km barat daya dari New Delhi, Gurugram menjadi kota dengan tingkat polusi terburuk nomor satu secara global pada tahun 2018.

Tiga  kota lainnya masuk ke dalam lima besar. Itu adalah, Ghaziabad di peringkat dua, Faridabad di peringkat empat, dan Bhiwadi menempati peringkat ke lima. Sedangkan dua kota lagi, Noida dan Patna berada di perigkat enam dan tujuh.

Bahkan, kota yang dihuni oleh lebih dari 20 juta jiwa, New Delhi berada di peringkat 11. Menjadikannya  ibukota paling tercemar di dunia, di depan Dhaka (Bangladesh) dan Kabul (Afganistan).

Saat ini India dipimpin oleh Perdana Menteri Nanendra Modi. India tengah fokus menggenjot pertumbuhan ekonomi demi meningkatkan lapangan pekerjaan dan mengurangi kemiskinan.

Akan tetapi, kritikus justru menilai pemerintah India gagal mengatasi masalah lingkungan, termasuk polusi udara.

Presiden LSM Care of Air India yang berbasis di Delhi, Jyoti Pande Lavakare mengatakan bahwa masyarakat menderita karena polusi udara.

Pada 2017 polusi udara di India telah merenggut sebanyak 1,24 juta jiwa. Jumlah itu sama dengan 12,5% dari total kematian yang tercatat di tahun 2017. Seperti yang dikatakan Study Lancet Planetary Health, lebih dari 51% orang yang meninggal karena polusi udara berusia di bawah 70 tahun.

(Adp)

Kolom Komentar Facebook
To Top