artikel

Cari Tahu Yuk Penyebab Double Chin

Foto : hellosehat.com

Dagu yang berlipat atau yang sering disebut double chin menjadi satu dari berbagai masalah yang membuat seseorang tidak pede dengan penampilannya.

Dilansir dari hello sehat, penyebab munculnya double chin bisa disebabkan dari beberapa faktor. Salah satunya adalah usia. Seiring bertambahnya usia keelastisan kulit menurun yang diakibatkan oleh beberapa hal, seperti paparan sinar matahari jangka panjang dapat merusak serat-serat di dalam kulit, pergerakan wajah, serta gaya hidup seperti aktif merokok.

Faktor genetik juga memungkinkan seseorang memiliki double chin. Genetik yang dimaksud adalah gen yang mengatur elastisitas kulit, riwayat obesitas dalam keluarga, hingga bentuk dagu yang diturunkan.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan junk food juga dapat menjadi penyebab menumpuknya lemak di tubuh. Dan juga bisa menjadi salah satu faktor utama penyebab double chin. Bukan hanya junk food, makanan yang terlalu manis juga dapat menimbulkan double chin karena gula dapat mengubah cara kerja hormon dan reaksi biokimia di dalam tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Rasa ingin makan terus menerus berpotensi berkembang menjadi kecanduan makanan. Orang-orang yang sudah terlanjur ketagihan dengan makanan seperti gula dan junk food semakin susah melepas diri dari rasa ingin makan tanpa henti.

Postur tubuh yang buruk juga bisa menjadi penyebab double chin. Jika sering tidur dengan bantal terlalu tinggi, atau terlalu sering menunduk, kulit di bagian dagu Anda berisiko kehilangan elastisitasnya. Kulit leher yang kendur dapat memberikan efek berlipat di bawah dagu.

(Adr/Rr)

Kolom Komentar Facebook
To Top