artikel

TIPS MENDAKI GUNUNG DI MUSIM HUJAN

Foto : hendriana

Hallo KahijiPeople jumpa lagi di artikel Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan.

Akhir-akhir ini cuaca di negara kita tercinta Indonesia sedang memasuki musim hujan. Musim hujan menjadi tantangan tersendiri jika KahijiPeople menyukai kegiatan mendaki gunung.

Saat musim hujan, aktivitas mendaki gunung akan menjadi keseruan tersendiri karena jalur yang akan kita lalui menjadi licin, air hujan akan menggenang seperti kenangan *eeh*, terserang hipotermia, dan cuaca yang tidak bersahabat.

Nah oleh karena itu sebelum KahijiPeople memulai petualangan, KahijiPeople wajib membaca Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan agar mendaki gunung tetap aman dan nyaman.

Pertama, untuk mengatisipasi terserang hipotermia KahijiPeople wajib menggunakan pakaian dengan berbahan cepat kering (quick dry). Selain ringan dan mudah dibawa, pakaian berbahan ini dapat kering dengan cepat, sehingga dapat mengurangi risiko terserang hipotermia. Selanjutnya KahijiPeople harus cermat dalam penggunaan layering, apa itu layering? Layering adalah pakaian untuk pendakian terdiri dari tiga bagian, yakni lapisan dasar (base layer), lapisan tengah (insulating layer), dan lapisan paling luar (shell layer). Jangan lupa juga KahijiPeople untuk selalu membawa jas hujan atau jas ponco agar ketika hujan turun dan posisi KahijiPeople masih dalam perjalan untuk naik gunung atau turun gunung KahijiPeople bisa langsung memakai jas hujan atau jas ponco tersebut tanpa harus takut kebasahaan dan kedinginan. Yang terakhir KahijiPeople perlu melapisi bagian dalam carrier dengan plastik ukuran besar (trash bag) fungsinya untuk menghindari air hujan merembes masuk dan membasahi isi carrier, karena penutup hujan (rain cover) saja tidak cukup aman untuk melindungi isi carrier dari air hujan.

Kedua, saat musim hujan jalan yang akan KahijiPeople lalui akan menjadi licin, jalanan akan tergenang oleh air hujan, becek, dan berlumpur. Oleh karena itu KahijiPeople wajib hukumnya menggunakan sepatu gunung yang kedap air (Waterproof) sehingga mendaki gunung di musim hujan dapat di nikmati dengan aman dan nyaman.

Ketiga, KahijiPeople harus mengetahui kalau mendaki gunung saat musim hujan cuaca tidak bersahabat atau tidak bisa di prediksi. Misalnya dari pagi hingga siang cuaca di gunung cerah, menuju sore cuaca di gunung suka turun hujan. Karena itu sebelum mendaki gunung KahijiPeople harus tau dengan kondisi gunung yang akan di tuju. Alangkah lebih baiknya KahijiPeople bisa membuka perkiraan cuaca dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelum pergi mendaki gunung.

Nah itulah KahijiPeolpe Tips-Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan, semoga bermanfaat untuk KahijiPeople.

(Hen)

Kolom Komentar Facebook
To Top