artikel

Simak! 5 Fakta Menarik yang Bisa Ditemui di Jepang

https://www.businessinsider.sg

Negeri sakura, itulah nama yang paling sering disebut jika mengingat Negara Jepang. Negara kepulauan yang terletak di Asia Timur ini berdekatan dengan beberapa negara seperti China, Korea, dan juga Rusia Negara Jepang terkenal sebagai negara maju dalam bidang teknologi, permesinan, dan juga robotika. Dengan memiliki populasi penduduk lebih dari 128 juta jiwa.

Namun dibalik majunya peradaban di Negara Jepang ini, ternyata menyimpan sejumlah keunikan yang jarang ditemui di Negara lain yang mungkin sampai saat ini kahiji people baru mengetahuinya. Yuk simak disini 5 fakta unik dan menarik Negara Jepang.

  1. Minka adalah sebutan untuk rumah tradisional Jepang

Secara harfiah minka berarti rumah rakyat. Rumah minka merupakan tempat kediaman rakyat yang bukan dari kalangan orang berkuasa seperti petani, pedagang, pengerajin dan lain-lain. bahan-bahan bangunan yang dipergunakan seperti kayu, tanah, dan batu berasal dari pegunungan dan hutan-hutan di sekeliling rumah. Rumah tradisional Jepang ini di dalamnya terdiri dari beberapa ruangan utama, yaitu Washitsu (ruang serbaguna, yang bisa digunakan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur), Washiki (toilet), Genkan (area pintu masuk), dan dapur. Setiap daerah di Jepang memiliki gaya arsitektur yang khas terkait dengan tuntutan geografis, iklim, dan industri.

  1. Memiliki banyak Vending Machine (mesin penjual otomatis) yang unik dan aneh

Jika biasanya kahiji people menjumpai mesin otomatis yang hanya menjual minuman saja, lain hal nya dengan yang ada di Jepang. Mesin-mesin penjual otomatis di Jepang menjual beragam barang yang tak lazim ditemui di negara-negara lain. Diantaranya, sup ikan, ramen, hamburger, es krim, beras, pizza, buah-buahan, Taiyaki (kue berbentuk ikan yang berisi pasta kacang merah atau cokelat) dan masih banyak lagi. Tak hanya makanan atau minuman, vending machine di Jepang juga menjual barang-barang seperti payung, mainan, hair care, t-shirt, bunga, origami (seni melipat kertas) bahkan binatang peliharaan seperti anjing pun dapat dibeli dari vending machine di Jepang. Kini ada sekitar 5,52 juta vending machine yang tersebar di Jepang terutama di kota besar seperti Tokyo.

  1. Sumo adalah olahraga nasional di Jepang

Sumo adalah olahraga asli dari Negara Jepang dan masih bertahan sampai sekarang. Olahraga sumo dipakai pertama kali di Kuil Shinto untuk tradisi peleburan dosa. Pemain sumo sangat dihormati dan dianggap hebat oleh banyak orang di Jepang, karena tak hanya sekedar adu kekuatan saja, tapi juga harga diri yang terbalut dalam tradisi yang kental. Bahkan di luar Jepang pun banyak yang terobsesi untuk menjadi sehebat pemain sumo. Namun di Jepang olahraga ini hanya disukai oleh orang tua yang berumur diatas 50 tahun. Pemuda di Jepang lebih tertarik untuk bermain game atau membaca komik. Di luar Jepang, justru sumo dianggap sebagai kebudayaan yang sangat prestisius.

  1. Hikayat Genji, novel pertama di dunia dibuat di Jepang

Tak banyak yang tahu ternyata Novel pertama di dunia lahir dari tangan seorang wanita. Hikayat Genji atau The Tale of Genji ditulis oleh seorang wanita bangsawan Jepang bernama Murasaki Shikibu. Novel ini berjumlah 1.000 halaman. Cerita Hikayat Genji berlataar pada akhir abad ke-9 hingga abab ke 10 dengan tema utamanya yakni kerapuhan hidup. Didalam novel ini Murasaki menghilangkan  unsur-unsur dongeng dan fantasi. Selain tercatat sebagai novel pertama di dunia, The Tale of Genji dikenal juga sebagai novel bergenre roman pertama.

  1. Memiliki kereta yang super cepat

Shinkansen, yang juga sering disebut kereta peluru ini menjadi sarana utama angkutan antar kota di Jepang selain pesawat terbang. Kecepatannya dapat mencapai 320 km/jam, sehingga Shinkansen ini menjadi salah satu transportasi yang favorit di Jepang. Kereta ini dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways. Kereta super cepat ini muncul pertama kali di Jepang tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1964 sepekan setelah Olimpiade dilakukan di Tokyo. Kemunculan Shinkansen ini menjadikan Jepang sebagai negara dengan perekonomian modern.

Demikian sedikit tentang fakta unik dari Negara Jepang yang bisa kahiji people temui jika berencana traveling kesana. Arigatou Gozaimasu!

(Asri Kahijinews)

Kolom Komentar Facebook
To Top