artikel

Kampung Toga : Berwisata di Sumedang, Kota Kecil Sejuta Cerita

Kampung Toga merupakan kawasan wisata alam yang terkenal di Sumedang dengan keindahan alamnya. Kawasan ini pernah menjadi venueuntuk olahraga Paralayang pada PON XIX, dan juga biasa digunakan untuk berlatih menambah jam terbang bagi para pilot Gantole.

Jika tidak digunakan untuk event, kawasan ini menjadi destinasi wisatawan lokal maupun dari luar Kota Sumedang. Dengan menyajikan keindahan alam pegunungan, menjadikan kawasan ini sebagai kawasan favorit bagi pengunjung yang hobi selfieataupun para ridersyang sengaja touring.

Tempat wisata ini jarak nya tak terlalu jauh dari pusat Kota Sumedang, hanya sekitar 2km dari arah selatan. Jalurnya masih satu arah dengan Komplek Pemakaman leluhur Sumedang yakni Gunung Puyuh. Di Komplek Pemakaman Gunung Puyuh terdapat salah satu makam Pahlawan wanita Nasional, Cut Nyak Dhien. Jadi, kahiji people bisa sekalian berziarah mengunjungi makam Pahlawan Nasional.

Kampung Toga yang berada di perbukitan mengusung konsep Kawasan wisata terpadu. Dari atas puncak bukit Toga, kahiji people bisa melihat pemandangan Kota Sumedang. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya, tempat makan, kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, fasilitas outbond, villa-villayang dapat disewa dan masih banyak lagi. Untuk kahiji people yang ingin merasakan sensasi Paralayang di Kawasan bukit Kampung Toga, fasilitas peralatan Paralayang dapat disewa untuk pengunjung.

Kampung Toga Sumedang ini bisa dijadikan tempat wisata recommended untuk kahiji people menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman di hari libur weekendini.

(Asri Dewi Prasasti Kahijinews)

Kolom Komentar Facebook
To Top