kahijisport

Kota Bandung dan Siliwangi DC Cimahi Raih Piala Gubernur Jabar

BANDUNG,- Tim Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Bandung dan Siliwangi Diving Club (DC) Cimahi berhasil meraih trofi Piala Gubernur Jawa Barat setelah mendominasi Kejuaraan Selam Piala Gubernur Jawa Barat 2018 di Kolam Prestasi KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (12/8/2018). Pengcab POSSI Kota Bandung meraih juara umum kategori kota/kabupaten, sementara Siliwangi DC Cimahi merebut juara umum kategori perkumpulan.
Dominasi Pengcab POSSI Kota Bandung ditegaskan dengan torehan 9 medali emas, 6 perak, dan 3 perunggu. Raihan medali emas POSSI Kota Bandung mengungguli Pengcab POSSI Kabupaten Bogor yang menempati peringkat 2 dengan 6 emas, 5 perak, dan 5 perunggu. Posisi ketiga diraih oleh Pengcab POSSI Kabupaten Tasikmalaya dengan 5 emas, 7 perak, dan 7 perunggu.
Raihan emas Kota Bandung tidak terlepas dari performa impresif dua peselamnya, yakni Raisa Ganeswara dan I Kadek Darmawan yang masing-masing meraih 4 medali emas dari berbagai nomor. Berkat  4 emas yang diraih Raisa ditetapkan sebagai peselam terbaik Kelompok A (18 tahun ke atas) putri. Sementara itu I Kadek Darmawan juga dinobatkan sebagai peselam terbaik kelompok A (18 tahun ke atas) putra.
Pada kategori perkumpulan, Siliwangi DC Cimahi mendominasi dengan raihan 17 medali emas, 5 perak, dan 7 perunggu. Perolehan medali Siliwangi DC terpaut jauh dari peringkat kedua, yakni Shark DC dengan 9 emas, 10 perak, dan 6 perunggu. Peringkat 3 kategori perkumpulan diraih oleh Universal Diving Club dengan 6 emas, 5 perak, dan 5 perunggu.
Selain menggondol trofi juara umum, Siliwangi DC Cimahi juga mendominasi penghargaan individu. Empat peselam mereka menjadi yang terbaik. Pada kelompok B (10-11 tahun) putri, Karen Benedicta menjadi yang terbaik dengan raihan 4 emas dan 2 perak. Kaisar Hansel menjadi peselam terbaik kelompok E (10-11 tahun) putra. Pada kelompok D (12-13 tahun) putra, Dimas Akbar menjadi peselam terbaik dengan raihan 4 emas dan 2 perak. Peselam terakhir Siliwangi DC Cimahi yang meraih penghargaan individu adalah Feby Yolanda Limbong dengan 3 emas dan 1 perunggu pada kelompok C (14-15 tahun) putri.
Sementara itu, peselam kabupaten Bogor Katherina Edha meraih penghargaan yang terbaik pada kelompok B (16-17 tahun) putri berkat raihan 4 emas. Dia bersanding dengan peselam terbaik kelompok 16-17 tahun putra Carlston Sung asal Kabupaten Bekasi yang meraih 4 emas dan 1 perak. Yohana Agatha dari Universal Diving Club menjadi yang terbaik pada kelompok D (12-13 tahun) putri dengan 6 emas. Sementara itu, peselam terbaik kelompok 9-10 tahun putri diraih Azka Nur Safira drai Bsd Aquatic dengan 3 emas dan 1 perak dan peselam terbaik kelompok 9-10 tahun putra diraih Muhammad Rafli dari Shark DC dengan 2 emas.
Kejuaraan Selam Piala Gubernur Jabar 2018 berlangsung sejak Sabtu (11/8/2018) dan diikuti oleh 236 peserta dari 16 Pengcab  POSSI kabupaten kota di Jabar serta 26 perkumpulan.
Ketua panitia penyelenggara kejuaraan Dadan mengatakan, selain untuk mencari bibit atlet potensial, kejuaraan ini juga menjadi ajang uji coba bagi atlet-atlet menuju Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar 2018.
“Banyak kabupaten kota menjadikan ajang ini untuk tryout atletnya menjelang pelaksanaan Porda. Kejuaraan secara umum berlangsung kompetitif baik di kategori pengcab (kabupaten kota) maupun perkumpulan,” ujarnya. (B2)
Kolom Komentar Facebook
To Top