kahijisport

KONI Jabar Usulkan Kapling Pemakaman Khusus “Pahlawan” Olahraga Jawa Barat

BANDUNG,- Komite Olahraga Nasional Indonesia KONI) Jawa Barat dalam waktu dekat akan mengusulkan kapling (tanah,red) yang diperuntukan bagi pemakaman para pejuang dan pahlawan olahraga asal Jawa Barat.

Menurut Sekretariis Umum KONI Jawa Barat Gianto Hartono, SE, usulan permohonan kapling tersebut bertujuan untuk memberikan penghormatan serta penghargaan kepada para pahlawan olahraga Jawa Barat.

“Para atlet ini juga pahlawan. Pahlawan yang memberikan prestasi olahraga kepada Jawa Barat bahkan bangsa Indonesia.

Mereka juga membawa harum nama bangsa serta membuat lagu Indonesia Raya berkumandang,” jelas Gianto yang didampingi Ketua II KONI Jabar Ir. Verdia Yosep dan Bendahara Unum KONI Jabar Teguh.

Pahlawan tidak harus identik dengan pejuang kemerdekaan yang gugur di medan perang. Guru juga disebut pahlawan tanpa tanda jasa.

Bahkan para tenaga kerja Indonesia di luar negeri pun disebut Pahlawan Devisa.

Dikatakan Gianto yg juga Ketua Umum FORKI Jabar ini, dalam waktu dekat setelah mendapat restu dan pengarahan Ketua Umum KONI Jabar, dirinya dengan beberapa pengurus lain, akan membuat surat usulan tersebut kepada Gubernur Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Kalau usulan kami diterima, mungkin ini yang pertama di Indonesia, yang memiliki lokasi tempat pemakaman para pahlawan olahraga kita. Mudah-mudahan saja ” harap Gianto.

Kemungkinan tidak hanya atlet, tapi pelatih atau pun pengurus dan para tokoh yang dianggap memberikan sumbangsih kepada negara dan bangsa dalam dunia olagraga,..juga akan mendapatkan kehormatan dimakamkan di sana.

“Mekanismenya nanti diatur belakangan antara pemerintah dan KONI Jabar. Yang penting usulan kami diterima dulu,” kata Gianto.

Usulan agar adanya kapling atau tanah pemakaman tersebut, muncul setelah beberapa atlet, legenda dan tokoh okahraga Jawa Barat meninggal beberapa waktu lalu.

Sebut saja legenda cabang olahraga gulat Asep “Buta” Hanafiah, atlet koncat Indah Ahmad Sukron Zam Zami dan tokoh olahragawan gulat Adjat Sudradjat dan Rahmat Firdaus. Dan masih banyak yang lain sebelumnya.

“Kalau, kita makamkan dalam satu lokasi untuk para pahlawan olahraga ini, tentunya mrreka akan kita kenang selalu dan kita akan selaku akan ingat jasa jasa mereka untuk Jawa Barat ketika berjuang menciptakan prestasi,” pungkas Gianto. (B9)

dilansir dari http://konijabar.or.id/uncategorized/koni-jabar-usulkan-kapling-pemakaman-khusus-pahlawan-olahraga-jawa-barat/

Kolom Komentar Facebook
To Top